yes
no
10/HotNews/slider
no

Tradisi Paskah di Berbagai Negara di Eropa

Selain natal, hari Paskah merupakan hari yang sakral untuk umat Kristiani. Biasanya perayaan Paskah identik dengan telur paskah atau kelinci paskah. Namun tidak semua negara merayakan Paskah dengan cara yang sama. Tiap-tiap negara memiliki tradisinya masing-masing. Contohnya perayaan-perayaan Paskah di berbagai negara di Eropa ini.
Tahu Langkah Kelinci
Di Jerman, kelinci membawa telur berwarna-warni dan menyembunyikannya di halaman rumah. Anak-anak kemudian mencarinya pada hari Paskah. Sebelumnya, di ranting-ranting pohon sudah digantung telur-telur kosong yang dihias. Itulah ritual awal masa Paskah, dan tercatat pertama kali tahun 1662.
Serangan Air di Polandia
Di Polandia orang-orang saling menyiram dengan air. Tradisi itu disebut "Smingus-Dyngus", dan mengingatkan orang pada pembaptisan Pangeran Mieszko I tahun 966 yang membawa agama Kristen ke Polandia.
Pengampunan Dosa di Spanyol
Semana Santa atau Pekan Suci adalah tradisi di Spanyol pada masa Paskah. Di banyak kota diadakan prosesi mulai Hari Minggu Palem hingga Hari Paskah. Pengikut pawai yang melambangkan pendosa mengenakan topi berbentuk kerucut serta topeng dan jubah. Salib, atau kadang juga patung Maria atau Yesus dibawa berarak-arak pada malam hari.
Membelai Bunga Dedalu
Pada Jumat Agung, warga Inggris mengurangi makan. Tradisinya, orang Inggris hanya makan roti kismis hangat yang disebut "Hot Cross Buns". Namanya demikian karena roti dihiasi salib di bagian atasnya. Sebagai dekorasi, cabang Dedalu digantungi dengan telur yang dihias. Orang Inggris juga suka membelai bunganya karena katanya membawa keberuntungan.
Diam dalam Kesunyian
Di Italia, seperti di Spanyol tidak ada tradisi mencari telur. Tetapi pada masa Paskah ada tradisi prosesi. Orang-orang berdiam diri, ketika salib diusung melalui jalan-jalan sebagai peringatan Jalan Salib yang dilalui Yesus. Pada Hari Paskah, orang Italia mendengarkan pemberian berkat dalam 60 bahasa bagi seluruh dunia oleh Sri Paus dari Katedral Santo Petrus di Vatikan.
Makanan Asin di Italia
Di masa Paskah, orang Jerman makan telur dari coklat, sedangkan orang Italia menyantap makanan yang asin. Tepatnya kue Paskah, dengan telur dan bayam. Di samping kue bayam, "Torta di Pasquetta", dihidangkan pula kue yang disebut Merpati Paskah.
Lonceng Tidak Berbunyi di Perancis
Di Perancis, anak-anak baru mencari telur Paskah pada hari Senin setelah Minggu Paskah. Pada hari Kamis Putih hingga Jumat Agung lonceng gereja tidak boleh berbunyi. Sesuai tradisi, ketika dibunyikan pada Hari Paskah, orang-orang saling berpelukan.
Saling Pukul di Finlandia
Di Finlandia, pada Hari Paskah orang saling memukul dengan lembut dengan cabang pohon birch. Itu peringatan penyambutan Yesus di Yerusalem dengan daun palem pada Hari Minggu Palem. Pada Hari Paskah anak-anak juga turun ke jalan dengan genderang dan terompet yang menandai berakhirnya masa duka. Seperti di Jerman, Api Paskah juga dinyalakan.
Telur Magis di Rusia
Di banyak negara Eropa Timur dan Tenggara, dirayakan Paskah Ortodoks, misalnya di Rumania, Yunani dan Rusia. Sesuai tradisi, telur dihias dengan warna merah. Katanya, telur jadi punya kekuatan magis dan membawa keberuntungan serta kesehatan.

 Sumber: http://www.dw.com/id/tradisi-paskah-eropa/g-17575212 
Domba Manis di Jerman
Domba Manis yang kadang disajikan di Jerman berasal dari ritual Yahudi, yaitu memakan domba pada perayaan Paskah Yahudi. Simbol pengorbanan domba itu bercampur dengan ajaran Kristen yaitu Yesus meninggal di kayu salib bagi semua orang. Di samping itu, lilin Paskah juga ada dalam tradisi Yahudi dan Kristen. Cahaya jadi simbol kehidupan dan harapan. 




Baca Artikel Lainnya:
Tips Memilih Bra yang Sesuai dengan Bentuk dan Ukuran Payudaramu
3 Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Wajahmu Seperti Cewek Korea
Rekomendasi Ishared: Tempat Liburan Asyik untuk Anak-Anak
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

no
iShared Indonesia adalah Portal Komunitas yang memberikan informasi, referensi dan ulasan jujur mengenai Hiburan, Edukasi, Kecantikan, Otomotif dan lainnya. [iShared Indonesia] (http://www.ishared.id/templates/ishared/images/img-register.png)