yes
no
10/HotNews/slider
no

Buat Kamu yang Ingin Menikah Tahun Depan, Mulailah Menabung dengan Cara ini!

Udah waktunya gajian terkadang kamu suka lupa diri untuk menggunakan uang. Uang yang kamu dapatkan setiap bulan hanyalah bersifat sementara. Sayang aja jika uang gajianmu abis begitu saja setiap bulannya apalagi dengan membeli barang yang tidak berguna. Tapi sayangnya gaji yang kamu dapatkan sangat kecil. Terus kamu ingin sekali menabung. Berikut ini cara pintar menabung jika ingin menikah tahun depan.
1. Kalkulasikan kebutuhan selama sebulan
Pada saat kamu menerima gajian bulanan, ada baiknya kamu melakukan kalkulasi pengeluaranmu selama sebulan. Hal ini untuk mengingatkan kamu untuk bijak menghabiskan gaji bulananmu. Sayang aja jika gaji kamu selama sebulan tanpa kalkulasi yang pasti dan terencana. Sebuah perencanaan yang terencana akan mengontrol pengeluaran dan bijak dalam penggunaan uang. Berikut kalkulasi pengeluaran dalam sebulan.  
Pemasukan Rp 3.000.000  
Pengeluaran
- Sedekah 2 % - 10 %                 Rp        60.000
- Cicilan Utang 35 %                  Rp   1.050.000
- Tabungan 20 %                        Rp      600.000
- Biaya Hidup 40 % - 60 %        Rp   1.290.000
2. Catat Pengeluaranmu setiap hari 
Penting sekali untuk kamu melakukan pencatatan aktivitas pengeluaranmu setiap hari. Hal ini guna untuk kamu mengetahui alur kas pengeluaran digunakan untuk apa saja. Khususnya jika kamu berbelanja yang membuat kamu lupa diri. Jangan lupa simpan struk belanja ketika kamu bersenang-senang. Dari sinilah kamu akan mengetahui uangmu dipakai untuk kebutuhan apa saja.
3. Investasi sejak dini
Siapa bilang investasi hanya untuk yang sudah berkeluarga ataupun lanjut usia. Buat kamu yang berusia 20 tahunan sangat bagus sekali jika ingin berinvestasi dini. Berinvestasi dini sangat bagus untuk kamu memulainya karena tabungan hidup di masa depan akan terjamin. Jika kamu ingin berinvestasi aman, kamu dapat mencoba investasi emas. Investasi emas ini sangat aman untuk kamu yang tidak ingin merasakan rugi besar.
4. Buat dua tabungan yang berbeda
Biasanya seseorang hanya mempunyai satu tabungan yang digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari sekarang, kamu harus membuat dua tabungan untuk mengatur kebutuhan yang berbeda-beda. Seperti tabungan yang dikhususkan untuk kamu menabung dalam jangka panjang dan tabungan yang kamu gunakan untuk kebutuhanmu setiap bulan. Hal ini untuk kamu dapat mengatur pengeluaran secara cerdik. 
Jika kamu ingin menjadi seorang yang cerdas dalam mengelola gaji bulanan maka kamu harus pintar untuk mengelolanya. Bijak dalam pengelolaan akan memberikan kamu kehidupan yang cerah di masa depan.  

Baca Artikel Lainnya:
5 Cara Merawat Kaki Cantikmu
7 Film yang Memberikanmu Inspirasi dalam Hidup
Rekomendasi Ishared: Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

no
iShared Indonesia adalah Portal Komunitas yang memberikan informasi, referensi dan ulasan jujur mengenai Hiburan, Edukasi, Kecantikan, Otomotif dan lainnya. [iShared Indonesia] (http://www.ishared.id/templates/ishared/images/img-register.png)